Home Lentera Timur Channel Malam Bulan Dipagar Bintang, Dua Negeri Satu Langgam: Tengku Ryo dan Siti Nurhaliza

Malam Bulan Dipagar Bintang, Dua Negeri Satu Langgam: Tengku Ryo dan Siti Nurhaliza

32
0

Dua seniman Melayu dari dua negeri berbeda berada dalam satu pertunjukkan. Satu berasal dari Negeri Serdang, Sumatera Timur/Utara, Indonesia, satu lagi dari Negeri Pahang, Semenanjung, Malaysia. Mereka adalah violis Tengku Ryo Riezqan, yang bergelar adat Tengku Merdangga Diraja dari Kesultanan Negeri Serdang, dan penyanyi Siti Nurhaliza, yang bergelar adat Darjah Indera Mahkota Pahang.

Keduanya, yang dikenal dalam upayanya mengangkat khazanah musik Melayu, kemudian berjumpa dalam sebuah acara di Hotel Dorsett, Subang Jaya, Kuala Lumpur, Malaysia, pada 24 Januari 2015. Saat itu mereka membawakan sejumlah lagu, di antaranya “Malam Bulan di Pagar Bintang” yang digubah oleh Tan Sri P. Ramlee (1929 – 1973).

P. Ramlee adalah seorang seniman yang pada masanya amat terkenal di Asia Tenggara. Dia, yang bernama asli Teuku Zakaria, dilahirkan di Penang, Semenanjung, dengan berayah kepada Teuku Nyak Puteh dari Aceh, Sumatera.

 

(32)

TM. Dhani Iqbal TM. Dhani Iqbal lahir di Medan, Sumatera Utara. Menulis sejumlah esai, feature, dan cerpen di sejumlah media massa, juga beberapa buku: "Sabda Dari Persemayaman" (novel), "Matinya Rating Televisi - Ilusi Sebuah Netralitas", dan "Prahara Metodis". Melewati karir jurnalistik di beberapa media massa berklaim nasional, baik cetak, televisi, dan online, di Jakarta, dengan konsentrasi sosial, politik, dan kultur. Kini berjibaku di media LenteraTimur.com.

Comments with Facebook

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *