Home Lentera Timur Channel Indonesia dan Seutas Tali Yang Tersisa
1

Indonesia dan Seutas Tali Yang Tersisa

6
1

Aan Mansyur dari Bugis mengatakan bahwa sebelum mencapai identitas keindonesiaan, di Makassar, Sulawesi Selatan, sendiri ada dua identitas yang hingga saat ini belum selesai dalam pergulatannya, yakni Bugis dan Makassar. Ia merujukkan ketidakselesaiannya tersebut pada konsep ruang dan waktu yang bertolakbelakang antara Bugis dan Makassar.

Pada tataran keindonesiaan, Aan kemudian mengatakan bahwa satu-satunya yang kini menjadi pemersatu adalah bahasa. Bahasa menjadi simbol persatuan yang dapat digunakan oleh seluruh rakyat Indonesia yang heterogen. Akan tetapi, ia menyimpan keanehan, bahwa modal satu-satunya yang tersisa ini justru menjadi faktor ketidaklulusan siswa-siswi Indonesia saat Ujian Nasional.

Sementara itu, Aan juga mengatakan bahwa bahasa Indonesia juga sekaligus dapat bersifat imperialis. Semakin ia diajarkan sejak dini, maka itu berarti ancaman terhadap identitas-identitas etnis lain yang memiliki bahasa sendiri. Dan setiap tahun memang ada saja bahasa yang mengalami kepunahan.

Aan Mansyur. Foto: Redaksi.

Bahasa Indonesia dipandang Aan memiliki kesamaan dengan bahasa Inggris. Di benua Amerika, banyak sekali bahasa yang punah akibat terjangan bahasa Inggris.

Aan Mansyur merupakan pembicara di sesi kedua dalam Dialog Pemuda Nasional bertajuk “Menyoal Identitas Kebudayaan Indonesia”. Dialog ini dilangsungkan pada 20 Mei 2010 dengan bertempat di Gedung Joang 45, Jalan Menteng 31, Jakarta Pusat. Selain Aan dari Bugis, hadir juga pembicara muda dari Papua, Ternate, Jawa, Sunda, Aceh, Siak, Bali, Buton, dan Kalimantan Barat.

(6)

Redaksi Redaksi LenteraTimur.com

Comments with Facebook

Comment(1)

  1. sebenarnya masa sekolah SD dan SMP sudah cukup ko…….
    cuma kurang di promosikan atauka kurang maksimalkan dalam pelestarian budaya, seperti negara malaysia dan amerika cukup paham budaya indonesia seperti jawa, bugis makassar dan budaya papua

    seharusnya pemerinta turut perhatin dalam penikatan pelestaria budaya indonesia, karna bagia kualitas sumberdaya manusia dan tidak bisa di biarkan begitu saja yang berlarut-larut. pelestarian budaya bisa menambahkan APBN dan APBD jika di fungsikan oleh pemerintah yang ikut serta . hormatku

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *