Home Lentera Timur Channel Kebudayaan Indonesia dan Mainan Rakyat

Kebudayaan Indonesia dan Mainan Rakyat

12
1

Menyoal identitas kebudayaan Indonesia dapat dilakukan melalui berbagai pintu. Hal ini tampak dalam Dialog Pemuda Nasional “Menyoal Identitas Kebudayaan Indonesia” di Gedung Joang 45, 20 Mei 2010. Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, Zaini Alif, pakar mainan rakyat asal Sunda, turut mencoba  merumuskan kembali apa yang disebut kebudayaan Indonesia.

Setelah pembicara asal Papua, Ternate, dan Jawa mengungkapkan pandangannya, Zaini memaparkan simbol nilai budaya yang selama ini tersimpan di balik permainan rakyat. Melalui penelitian yang dilakukannya, ia melihat bahwa ribuan permainan rakyat yang tersebar dari Sabang hingga Merauke ternyata memiliki pola kesamaan. Ada fungsi dan nilai budaya yang seharusnya mentradisi melalui permainan rakyat. Sayangnya, posisi permainan rakyat kini tergeser jauh oleh permainan modern. Dan, mau tak mau, kini anak Indonesia pun menjadi terasing jauh dari budayanya sendiri.

(12)

Redaksi Redaksi LenteraTimur.com

Comments with Facebook

Comment(1)

  1. Secara tidak disadari sebenarnya banyak permainan rakyat itu membangun karakter manusianya… Ada kedekatan, tolerasi dan gotong royong…. Perkembangan keinginan individu dan anggapan kampungan itu membuat beberapa permainan rakyat hilang dari lingkungan bermain… dan tidak dikenal lagi oleh generasi berikutnya….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *