Home Featured Tahun Kunjungan Museum 2010

Tahun Kunjungan Museum 2010

47
0
Museum Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI-AL) Loka Jala Crana di Candradimuka, Kompleks Pendidikan TNI AL Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur. Foto-foto: Lenteratimur.com/Amelia Wulan P.

Museum bukanlah ruang hampa tempat pengisi barang-barang tua. Lebih dari itu, museum punya posisi strategis untuk meneruskan ingatan atas suatu sejarah dan kebudayaan dari generasi ke generasi. Melalui beragam koleksi yang dimilikinya, museum semestinya memiliki suatu daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing.

Pemerintah, melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, melihat fenomena museum sebagai aset penting bagi keberlanjutan suatu sejarah. Untuk itulah, ditengah buramnya kebanyakan wajah museum-museum di Indonesia, yang berjumlah lebih dari 170 buah, kementerian ini mencanangkan slogan Tahun Kunjung Museum 2010, sekaligus memperingati hari jadi Museum Internasional yang jatuh pada 18 Mei 2010.

Apakah berhasil? Entahlah. Yang jelas, menjadikan museum sebagai sarana rekreasi adalah pintu masuk yang baik untuk mendorong proses pengenalan, pembelajaran, dan pengapresiasian atas sejarah dan warisan kebudayaan.

Walikota Surabaya, Bambang DH, dalam suatu kesempatan, juga menginginkan adanya peningkatan kualitas kawasan Pecinan Kembang Jepun dan sekitarnya sebagai kawasan wisata. Caranya? Tata kota akan segera dibenahi hingga menjadi nyaman dan indah dan memenuhi syarat sebagai tempat kunjungan bagi para wisatawan asing dan domestik.

Sejumlah agenda kerja sudah disiapkan oleh pemerintah kota yang bekerjasama dengan House of Sampoerna (HoS). Sebut saja pembuatan Surabaya Heritage Map (Peta Peninggalan Surabaya) yang bekerjasama dengan Suara Surabaya; pameran “Museum Jawa Timur dalam Desain Grafis dan Interior” bekerjasama dengan Universitas Ciputra Surabaya; serta Museum Tur pada program Surabaya Heritage Track.

Selain itu, Manajer HoS, Ina, mengatakan bahwa agenda kerja yang dilakukan oleh pihaknya juga melibatkan banyak pihak.

“House of Sampoerna akan terus aktif memajukan Museum sebagai salah satu tujuan wisata Indonesia dengan melibatkan secara langsung para pemangku kepentingan dalam berbagai kegiatan,” kata Ina.

Beberapa agenda dalam Tahun kunjung Museum 2010:

Museum Geologi
Sosialisasi Museum Geologi ke sekolah-sekolah dalam rangka hari Hari Jadi Museum

a. Tanggal      : 1-31 Mei 2010.

b. Lokasi         : Sekolah-sekolah SLTP di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur

c. Detail          : Penyuluhan guru-guru Geografi tingkat SLTP tentang ilmu Geologi dan  Kebumian, mengenalkan Museum Geologi dan koleksinya kepada siswa-siswa

Museum Nasional
1. Kegiatan Kerjasama Edukatif Kultural dengan CISV (Children International Summer  Village)

a. Tanggal      : 6 dan 22 Mei 2010

b. Lokasi         : Museum Nasional, Jakarta

c. Detail          : Anak-anak peserta CISV (Children International Summer Village) berlomba untuk berapresiasi dalam bidang seni dengan materi koleksi Museum Nasional. Kegiatannya meliputi, pendalaman materi dan lomba karya seni seperti: kreasi foto, membuat esai, melukis dengan media payung, dll.

2. Seminar International “Hubungan Kebudayaan Iran ditinjau dari peradaban, seni dan sejarah”

a. Tanggal      : 27-28 Mei 2010

b. Kerjasama  : Museum Nasional dan Kedutaan Iran

b. Lokasi         : Museum Nasional, Jakarta

c. Detail          : Seminar ini dilaksanakan dalam rangka untuk lebih dekat mengenal Iran dilihat dari aspek seni, budaya, sejarah dan peradaban. Seminar ini melibatkan pembicara dari Iran dan Indonesia.

Museum Kesehatan DR. Adhyatma di Jl. Indrapura, Surabaya, Jawa Timur.

3. Seminar Internasional dengan tema “New Paradigm of Museum Management”

a. Tanggal      : 6-9 Mei 2010

b. Kerjasama  : Museum Nasional dan Asoasi Museum Indonesia

c. Lokasi         : Sanur, Bali

d. Detail          : Seminar ini dilaksanakan dalam rangka pengembangan museum Indonesia yang diikuti oleh sekitar 150 peserta dengan pembicara dari dalam dan luar negeri.

4. Pameran bersama “Alat Musik Tradisonal Indonesia”

a. Tanggal      : Bulan Oktober

b. Kerjasama  : Museum Nasional dan Museum-museum Provinsi di seluruh Indonesia

c. Lokasi         : Museum Nasional, Jakarta

d. Detail          : Pemeran dimana melibatkan seluruh museum-museum provinsi di Indonesia  yang mempunyai alat musik tradisonal seluruh Indonesia untuk bisa dipamerkan di Museum Nasional.

***

Agenda untuk kota Surabaya :
1. Peluncuran Surabaya Heritage Map

a. Tanggal      : 27 Maret 2010

b. Kerjasama  : Suara Surabaya & House of Sampoerna

c. Lokasi         : House of Sampoerna, Surabaya

d. Detail          : Surabaya Heritage Map dicetak dalam 2 bahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Peta berisikan peta Surabaya dan jalur SHT serta informasi empat wisata di Surabaya, seperti museum, bangunan Cagar Budaya dan sebagainya. Peta ini diperuntukkan bagi para Tracker.

2. Pameran “Museum Jawa Timur dalam Desain Grafis dan Interior”

a. Tanggal      : 18 Juni-11 Juli 2010

b. Kerjasama  : Jurusan Desain Komunikasi Visual dan Arsitektur Interior

Universitas Ciputra

c. Lokasi         : Galeri Seni di House of Sampoerna, Surabaya

d. Detail          : Enam museum pendukung program ini adalah:
– Museum TNI AL “Loka Jala Çrana” Surabaya
– Museum Cakraningrat Bangkalan
– Museum Kesehatan “Dr Adhyatma, MPH” Surabaya
– Museum Mpu Tantular Sidoarjo
– Museum Perjuangan 10 Nopember Surabaya
– Museum Trowulan Mojokerto.

3. SHT Theme Tour: Museum Tour

a. Tanggal      : 18-23 Mei 2010

b. Kerjasama  : Museum-museum di Surabaya

c. Lokasi         : Museum-museum yang terdapat di wilayah Surabaya Utara

d. Detail          : Program ini juga dijalankan dalam momen memperingati Hari Museum  Internasional yang diperingati setiap tanggal 18 Mei dan juga untuk   menyukseskan Tahun Kunjung Museum 2010.

(47)

Amelia Wulan P Perwakilan LenteraTimur.com untuk Jawa Timur. Selain itu, ia juga bekerja sebagai jurnalis di salah satu stasiun televisi yang berpusat di New York, Amerika Serikat.

Comments with Facebook

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *