Home Lancong Tips Berarung Jeram
2

Tips Berarung Jeram

12
2
Memilih dayung yang sesuai genggaman. Foto-foto: Arnellis.

Musim basah menjadi waktu yang tepat untuk Anda mencoba arung jeram. Karena mengandung resiko yang cukup berbahaya, kegiatan ini termasuk extreme sport atau olahraga ekstrim. Namun, seorang pemula yang bahkan tak bisa berenang juga bisa mencoba. Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan.

Kesehatan
Syarat utama adalah pastikan Anda sehat. Bawalah obat-obatan pribadi, termasuk plester luka untuk mengobati luka ringan yang kerap terjadi.

Informasi Awal
Pilih operator arung jeram yang sesuai dengan kantong Anda. Carilah info terlebih dahulu tentang biaya dan paket-paket yang ditawarkan. Anda bisa lebih berhemat jika bergabung dalam rombongan besar. Masalah keamanan peserta sudah pasti mereka utamakan. Jadi Anda bisa lebih fokus memilih kenyamanan fasilitas yang disediakan.

Peralatan
Jaket pelampung dan helm harus digunakan dengan tepat. Kencangkan tali-talinya agar pas dengan tubuh atau kepala, tetapi jangan sampai membuat sesak. Kemudian, pilih dayung dan cobalah latihan menggenggam dengan sempurna.

Jaket pelampung dan helm untuk keselamatan.

Petunjuk
Sebelum mulai mengarung, dengarkan betul-betul arahan yang disampaikan pemandu. Ia akan mengajari Anda teknik mendayung dalam waktu singkat. Olahraga ini menuntut kekompakan tim, sehingga aba-aba pemandu menjadi acuan penting.

Kacamata

Mendengar baik-baik petunjuk pemandu saat briefing.

Jika menggunakan kacamata, gunakan tali atau strap untuk mencegah Anda jatuh ke air. Sebagai pengganti, operator menyediakan karet gelang. Kacamata gelap bisa menambah gaya Anda saat digunakan dalam cuaca cerah. Namun, kala mendung atau hujan, sebaiknya lepaskan kacamata agar Anda bisa melihat dengan jelas.

Jenis Pakaian
Kenakan pakaian yang nyaman. Pakai kaos lengan panjang atau gunakan sunblock jika tak ingin kulit Anda hitam. Celana pendek mungkin lebih menguntungkan pergerakan Anda selama perjalanan. Legging, celana katun, atau celana parasut, bisa jadi pilihan. Hindari celana berbahan jins agar tak berat saat basah. Terakhir, jangan lupa membawa pakaian ganti komplit, luar dan dalam.

(12)

Arnellis Arnellis lahir di Bogor, Jawa Barat, pada 4 Mei 1985. Lulusan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, ini pernah mengajar Bahasa Indonesia di banyak tempat, baik untuk anak sekolah maupun orang asing. Kini ia bekerja sebagai guru bahasa Indonesia di sebuah sekolah di Jakarta.

Comments with Facebook

Comment(2)

  1. Biasanya pemandu rafting menyediakan tas antiair untuk menyimpan barang-barang peserta rafting. Tas itu akan dibawa bersama perahu karet Anda.

    Jika ingin memotret, gunakan kamera antiair untuk mencegah kerusakan pada kamera. Jika ingin merekam gambar, Anda bisa meminta bantuan operator.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Waktu berarung jeram boleh bawa peralatan elektronik ga miss?
    Tapi takut kena airnya, sebaiknya gimana yah?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *