Home Lancong Aroma Pantai Anyer
2

Aroma Pantai Anyer

32
2
Wisatawan lokal belum beranjak dari pantai hingga matahari tenggelam.
Wisatawan lokal belum beranjak dari pantai hingga matahari tenggelam. Foto-foto: Nury Sybli.

Pantai selalu menjadi tempat tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Anyer adalah salah satunya. Pesisir laut yang berlokasi di Kota Serang, Banten, ini memiliki keunikan sendiri. Batu-batu karangnya terhampar menjorok ke bibir laut.

Saat matahari tenggelam, langit seperti merona. Matahari menyayu dan lembut seperti ingin meninggalkan goresan cahaya digelapnya awan. Kontras dengan siang dimana matahari begitu gagah menyengat bumi. Dengan aroma pantai Anyer yang khas, mata tak ingin beranjak dari sunset ini.

Hamparan pasir putih di bibir pantai juga kerap ditemui di beberapa spot pantai. Bagi wisatawan atau pengunjung yang gemar berenang, tentu akan lebih nyaman melakukan aktivitas air itu di pantai yang berpasir. Jika tak bisa berenang, tak perlu khawatir. Di sini ada pelampung yang terbuat dari ban bekas mobil yang disewakan dengan harga Rp 10 ribu selama satu hari.

Wisatawan lokal menikmati matahari tenggelam (sunset) di pantai Anyer.
Wisatawan lokal menikmati matahari tenggelam (sunset) di pantai Anyer.

Untuk keluarga yang hanya ingin bersantai menikmati aroma laut, ada deretan gazebo atau rumah panggung yang bisa ditempati sembari menyeruput air kelapa muda. Untuk menyewa gazebo, Anda harus merogoh kantong sedikitnya Rp 50 ribu selama satu hari. Orang-orang di sana menyebut ini sebagai biaya kebersihan.

Seorang anak berusaha menarik ban yang akan digunakan sebagai pelampung.
Seorang anak berusaha menarik ban yang akan digunakan sebagai pelampung.

Dan jika Anda pecinta balon terbang atau paraceling, Anyer adalah tempat yang baik untuk melakukannya. Anda dapat menikmati pemandangan alam Anyer dari ketinggian. Sementara jika Anda ingin menikmati asinnya air laut dari kedalaman, banana boat dapat dijadikan pilihan untuk digunakan bersama keluarga atau teman-teman.

Pantai Anyer juga dilengkapi dengan wisata belanja. Baju ganti, makanan oleh-oleh khas Kota Serang, hingga kerajinan tangan hasil laut, tersedia di deretan pasar mini pantai. Belum lagi para pedagang keliling yang menjajakan jualannya.

Jika Anda lelah beraktivitas di pantai, ada jasa relaksasi yang dapat Anda gunakan. Ada ibu penjual jasa pijat keliling yang setia menghampiri pengunjung. Biayanya Rp 5 ribu selama satu jam. Sementara bagi yang ingin rileksasi, tidak perlu ragu untuk ke Pantai Anyer.

Harga yang sama juga dipatok oleh tukang tato. Bila pengunjung yang ingin memperindah tubuhnya, para penato siap menggoreskan tinta hena dengan beragam pilihan bentuk sesuai selera.

Untuk restoran dan penginapan di sepanjang pantai, harganya cukup beragam. Semuanya tergantung dari fasilitas yang disediakan.

Seorang ibu menjajakan makanan khas kota Serang, emping melinjo, kepada pengunjung pantai Anyer.
Seorang ibu menjajakan makanan khas kota Serang, emping melinjo, kepada pengunjung pantai Anyer.

Untuk sampai ke Pantai Anyer, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi. Tapi itu tergantung pada lajur jalan yang macet atau tidak. Bagi pecinta roda dua, jalan alternatif menuju Pantai Anyer banyak ditemui. Namun jika ingin bersantai dengan kendaraan umum, bis antarkota Jakarta-Merak dapat mengantarkan Anda dengan nyaman hingga Kota Cilegon. Dari kota ini Anda dapat menggunakan angkutan umum lain dengan tujuan Pantai Anyer.

(32)

Nury Sybli Nury Sybli lahir pada 22 Sepetember 1978 di Serang, Banten. Menyelesaikan pendidikan Magister Komunikasi, Corporate Public Relations, dari Universitas Moestopo, Jakarta. Sebelumnya, gelar Sarjana Agama diraihnya dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN, sekarang Universitas Islam Negeri) Syarif Hidayatullah, Jakarta, pada tahun 2001. Ia mengawali karier jurnalistiknya sebagai reporter di harian Rakyat Merdeka pada April 2001 hingga Mei 2004. Kemudian sebagai equities reporter di kantor berita Thomson Reuters hingga akhir 2009. Saat ini ia aktif sebagai penulis dan freelance media relations beberapa perusahaan terbuka sambil menekuni hobi di dunia photography. Ia dapat ditemui di www.sybli.com.

Comments with Facebook

Comment(2)

  1. Tengkyu artikelnya yah… Btw, di dekat Pantai Anyer ada penginapan atau hotel gitu gak yah yang murah untuk 1 malam?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Akhir2 ini jalan menuju ke sana banyak yang rusak. Apa sudah ada perbaikan/belum.
    terima kasih

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *