Home Potret Tidung, Pulau yang Tersembunyi
17

Tidung, Pulau yang Tersembunyi

14
17

Pulau Tidung terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian Barat, Jakarta. Pulau yang memiliki luas sekitar 109 hektar ini terbagi dua bagian, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Istilah Tidung berasal dari kata tidung, yang berarti tempat perlindungan. Pengertian ini bermula dalam konteks tempat berlindung dari serangan para bajak laut. Selain itu, Tidung dahulu juga dijadikan basis perlindungan untuk mengatur strategi saat Fatahillah menyerbu Portugis di Malaka.

Infrastruktur di pulau ini sekarang cukup rapi dan teratur. Di sini ada puskesmas dan kantor kelurahan yang berarsitektur senada serta beragam bangunan sekolah dengan tingkat kebersihan dan kenyamanan yang baik. Di sini juga tersedia toko souvenir yang menjual aneka macam kerajinan tangan khas Pulau Tidung (lihat juga Siluet di Pulau Tidung).

(14)

Novieta Tourisia Penulis lepas, berdomisili di Jakarta.

Comments with Facebook

Comment(17)

  1. Kalau dari Tanjung Pasir Tangerang ada gak ya boat yang ke Pulau Tidung? Terus kalau jalannya bulan Januari, Februari, Maret, cuacanya gimana ya, memungkinkan gak untuk ke sana? Pingin banget ke sana setelah lihat foto2nya nih….. Thx to Novieta T.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. Waduh belum pergi nikh.
    Ke sana lewat jalur mana yach?
    Habis tidak ada yang ajak sich.

    Ajak2 donk kalau mau ke sana.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Bagus, bagus… Tapi kasih dong photo tentang kehidupan masyarakat Tidung lebih mendalam.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Sangat luar biasa mohon infonya lebih detail gimana transportasi ke sana…. Dan adakah penginapan dan berapa menginap permalam disana…. Thanks.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Minggu kemarin gw baru aja dari Pulau Tidung, sumpah baru kali ini gw liat pulau yang begitu indah….

    Klao ada yang mau ke sana, sekedar info transport 100 ribu rupiah pulang pergi Jakarta-Pulau Tidung-Jakarta, berangkat dari Muara Angke.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. Minta tolong donk yang tau bagaimana bisa sampai ke pulau Tidung. Please ya….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Subhanallah bagus banget pemandangannya. Bisa kasih info gak gimana kita bisa menuju ke sana,dan kira-kira berapa minimal budget yg bisa kita siapin

    Tq

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Jadi ingat waktu fieldtrip mata kuliah Biologi Laut di pulau ini. Aku dapat Linkia (bintang laut warna biru) waktu snorkeling disini.

    Salam kenal,
    Ruby

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Subhanallah…………. sampai nggak bisa ngomong. Please kasih infonya dong?
    Habisin berapa duit….
    Keren banget ni pulau…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. please, minta informasi how to go there…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Subhanallah.. Sungguh indah pemandangannya… Terasa ingin ke sana menikmati keindahan alam.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Subhanallah… Bagus banget nih pulau… Ternyata kekayaan alam kita banyak yang tidak “terjangkau” oleh masyarakat ya.. 😀 Contohnya aku nih.. Tapi thanks untuk yang sudah sharing.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Mau tanya dong.. Berapa biaya untuk pergi kesana, termasuk transportasi dan akomodasinya? Ada yang bisa kasih info?

    Pulaunya bagus gila 😀

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Foto-fotonya bagus. Lebih bagus kalau ada foto kehidupan masyarakat di sana, seperti foto rumah, pasar, sekolah, dan lain-lain.

    Informasi masih harus dilengkapi seperti, berapa lama perjalanan dari Jakarta, apakah ada tempat untuk menginap..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Subhannallah… Sungguh kuasa Allah tak ternilai… Benar-benar agung dan indah. Enggak salah aku lahir sebagai anak indonesia. Makin cinta aja nih sama Indonesia.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *