Home Lancong Aquarium Alam Itu Bernama Ujung Genteng
42

Aquarium Alam Itu Bernama Ujung Genteng

128
42
Pasir Putih. Sudut pantai Ujung Genteng yang sangat mempesona dengan pasir putihnya.
Sudut pantai Ujung Genteng yang sangat mempesona dengan pasir putihnya. Foto-foto: Nury Sybli.

Berbeda dengan pantai Kuta, Bali, nama Ujung Genteng sangat jarang terdengar di telinga. Namun bagi penggemar wisata pantai, Ujung Genteng yang terletak di tanah Sukabumi, Jawa Barat, ini menawarkan eksotisme alam yang tidak dimiliki daerah wisata lain.

Air terjun besarnya berada pada titik lokasi yang sangat strategis. Belum lagi goa dan penangkaran penyu yang juga berada pada lokasi yang menakjubkan. Selain terkenal dengan ombaknya yang besar, pantai selatan ini juga sangat anggun dengan airnya yang bening dan pasirnya yang putih. Terumbu karang yang berhamparan tidak cukup mengganggu bagi penggemar pantai. Bila mengapungkan diri di atas airnya, bayangkanlah Anda berada di dalam aquarium alam yang indah.

Keunikan lain adalah tidak adanya ombak di sepanjang pesisir pantai Ujung Genteng hingga pantai batu nunggul. Sebab, ombak sudah tertahan oleh beting karang yang berada sekitar 200 meter sebelum garis pantai. Pada saat pasang, air laut memenuhi pantai dengan kedalaman air 0,5 sampai satu meter. Kondisi ini sangat cocok untuk berendam atau bermain perahu karet. Bila surut, maka kita bisa berjalan ke tengah sambil melihat biota laut, seperti bintang laut, siput, ikan hias yang terperangkap, udang kecil, bahkan cacing-cacing laut.

Nikmati Senja. Wisatawan lokal menikmati senja di bibir pantai Ujung Genteng.
Wisatawan lokal menikmati senja di bibir pantai Ujung Genteng.

Pantai ini juga menawarkan siapapun untuk bermanja-manja dengan keindahan matahari terbit juga matahari terbenam. Di sela-selanya, awan berarak melintas di atas kepala. Jika Anda gemar memancing, di sinilah tempatnya. Ujung Genteng kerap dikunjungi oleh para pemancing dari berbagai daerah.

Kilas Sejarah

Ujung Genteng adalah daerah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang masuk dalam wilayah pemerintahan Kabupaten Sukabumi. Letaknya lebih kurang 200 kilometer dari kota Jakarta. Pekerjaan sebagian besar penduduknya adalah nelayan dan petani. Sebagian lain memproduksi gula kelapa hasil penyadapan Nira.

Nama Ujung Genteng berasal dari Ujung Gunting. Penamaan ini didasarkan pada posisi Ujung Genteng yang berada di ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat yang berbentuk gunting. Bagian ujung gunting bawah disebut Ujung Genteng, sedangkan bagian ujung gunting atas berada di Ujung Kulon.

Bagaimana menuju ke Ujung Genteng? Jangan dulu membayangkan ada tempat pendaratan pesawat atau jalan tol yang mulus. Jalan yang ditempuh untuk menuju pantai yang indah ini memang masih membutuhkan perjuangan karena harus melalui jalan yang menanjak dan berkelok sekaligus terjal. Jika menggunakan kendaraan roda empat dari kota Jakarta, perjalanan diperkirakan membutuhkan waktu antara lima sampai enam jam. Sementara jika anda penggemar roda dua, juga dari Jakarta, waktu tempuh bisa mencapai sembilan hingga sepuluh jam.

Meski relatif lama, perjalanan panjang dan melelahkan itu akan terasa ringan dan cepat mengingat sepanjang jalan disuguhi keindahan alam yang sangat luar biasa. Pesisir pantai pelabuhan ratu sangat terlihat jelas dari atas bukit Bagbagan. Begitu juga perkebunan teh Surangga dan perkebunan kelapa yang berhamparan bersama sapi-sapi yang terawat.

Di Ujung Genteng ini pun, Anda bisa melihat penyu hijau (Chelonia Mydas). Pada malam hari, penyu-penyu ini bertelur, menggali lubang untuk telurnya, dan menutup lubang tersebut. Anda bisa menyentuh penyu-penyu cantik ini.

Air Terjun Cikaso

Kabupaten Sukabumi memiliki segudang obyek wisata air terjun. Semuanya terletak di pegunungan. Namun, yang tergolong unik adalah Curug Cikaso atau Air Terjun Cikaso. Jaraknya sekitar 33 kilometer dari Ujung Genteng dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Cikaso. Kabupaten Sukabumi memiliki segudang obyek wisata air terjun yang terletak di pegunungan.
Kabupaten Sukabumi memiliki segudang obyek wisata air terjun yang terletak di pegunungan.

Untuk menjangkau objek wisata yang gencar dipromosikan sejak 2002 ini, pengunjung harus menaiki perahu. Untuk sewa perahu mesin yang berkapasitas maksimal 10 orang penumpang plus 3 awak itu, setiap pengunjung dikenai tarif Rp 70 ribu pertiga jam. Pengelola kawasan ini menyediakan sekitar 25 perahu yang beroperasi setiap hari untuk melayani pengunjung.

Air terjun yang jatuh dari ketinggian sekitar 30 meter itu benar-benar memberi pemandangan tak membosankan. Air di bawah air terjun berwarna hijau jernih. “Dalamnya sekitar dua meter,” kata seorang pemandu.

(128)

Nury Sybli Nury Sybli lahir pada 22 Sepetember 1978 di Serang, Banten. Menyelesaikan pendidikan Magister Komunikasi, Corporate Public Relations, dari Universitas Moestopo, Jakarta. Sebelumnya, gelar Sarjana Agama diraihnya dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN, sekarang Universitas Islam Negeri) Syarif Hidayatullah, Jakarta, pada tahun 2001. Ia mengawali karier jurnalistiknya sebagai reporter di harian Rakyat Merdeka pada April 2001 hingga Mei 2004. Kemudian sebagai equities reporter di kantor berita Thomson Reuters hingga akhir 2009. Saat ini ia aktif sebagai penulis dan freelance media relations beberapa perusahaan terbuka sambil menekuni hobi di dunia photography. Ia dapat ditemui di www.sybli.com.

Comments with Facebook

Comment(42)

  1. Walaupun saya belum ke sana, dilihat dari web sih bagus. Tapi kita liat aja yang aslinya ok…. Mudah-mudahan bagus….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. saya sudah ke Cikaso n Ujung Genteng lho… Subhanallah… keren banget dah….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Wwwwwooowww bener-bener aksotik!!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  4. Woooow pesona indahnya Ujung Genteng sangat mempesona. Gw gak bakal lupa…. Sayang gw gak bawa cewek, kalo gw bawa cewek pasti itu cewek kelepek2… hahhahahh….
    Yang pasti indah wisata di Ujung Genteng.. Sampai ketemu lagi Sukabumi….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  5. Nggak akan nyesel kalo sudah sampai di sana…. Pemandangan yang indah banget di kala senja…….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  6. Mau tanya, kalau backpacking ke Ujung Genteng dan Cikaso dari Jakarta kira2 butuh biaya berapa ya? Ada rincian harga penginapan di daerah sana gak? Makasih 🙂

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  7. Keren abis tempatnya.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  8. Guanya dimana? Gw sudah 2x ke sana gak nemu.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  9. Untuk ke Cikaso…bisa lewati sawah dan jalan setapak juga kok… gak harus pakai perahu…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  10. Saya bersama teman-teman waktu masih kuliah sekitar tahun 1988 – 1989 pernah ke Ujung Genteng (UG). Perjalanan menyeberangi sungai besar masih menggunakan ponton, maksudnya mobil menaiki ponton yang dijalankan menggunakan tenaga tangan menarik kabel baja. Sekarang sudah ada jembatannya. UG berpasir putih dengan ombak yang bertumpuk-tumpuk seperti genteng rumah. Kami datang saat kemarau bulan Juli-Juli, di sana ada muara sungai yang airnya tidak melimpah ke laut, pasir putih nya tidak terjamah manusia, karena tidak ada bekas jejaknya. Melihat penyu bertelur pada malam hari kami harus bersabar, caranya tiduran di pasir pantai yang gelap gulita karena tidak boleh menyalakan lampu, sambil melihat bintang, suasananya begitu romantis, hening, indah mempesona. Malamnya kami dibangunkan oleh petugas konservasi untuk melihat penyu bertelur, luar biasa. Keindahannya bukan hanya dilihat oleh mata tetapi juga bisa dirasakan oleh jiwa. Pantainya panjang mempesona. Ketika itu belum ada orang berjualan jadi kami membawa sendiri bekalnya. Perjalanannya melalui kebun kelapa, mengesankan. Datang deh ke sana nggak jauh koq dari Jakarta. Salam Bambit.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  11. Tempatnya bagus…Foto2nya keren bin muantabs…
    Cuma sayang tidak informatif sama sekali… nggak ada data lokasi, akomodasi, dan jalur transportasinya…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  12. Touring aja yuk ke sana. Gw dah 2x, pengen yang ke 3xnya ni huhuhuhuhuhu.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  13. Paling seru adalah naik ojek melewati ilalang..tengah malam pula..dan rombongan..setelah itu gelap2an menuju ke tempat penyu bertelor.. Di sana akan bertemu dengan penyu yang ternyata besar banget dan ngos2an karena kecapean jalan kaki kali yah, yang menurut cerita dari samudra.. Masih pengen balik lagi untuk ke ombak tujuh karena ga kesampaian…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  14. Pengen bangetttttt……….. Tapi kira2 ada tempat buat penginapan gak ya??? Coz saya sama temen2 mau touirng ke sana, bagi2 info kirim via emailku dunkk….plzzzz…………

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  15. Hmmm, menarik… Niatnya libur Tahun Baru Hijriah mau ke sana nih, mau touring 🙂 semoga bisa ikut merasakan pengalaman rekan2 yang sudah ke sana.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  16. Bulan Oktober kemarin saya baru saja dari Ujung Genteng.
    Untuk menuju ke Curug setahu saya kemarin pas ke sana tidak perlu naik perahu. Kita bisa jalan melewati sawah penduduk.
    Dan Curug Cikaso ini kalau dari Sukabumi sebelum Ujung Genteng. Kalau naik angkutan umum [elf] usahakan jangan turun di Surade. Turun saja di pertigaan Tegal Buleud setelah pom bensin. Dari pertigaan menuju Curug kurang lebih 8 kilometer.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  17. Nee.. benar-benar lukisan bumi… Jadi gak sabar nunggu liburan….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  18. Gileeeeeeee…… Jadi iri nih sama yang sudah ke sana…. Mau doooonggg.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  19. Kalau pergi ke Ujung Genteng jangan lupa ke ombak tujuh. Pemandangan pantai ombak tujuh sangat menakjubkan. Di pinggiran laut selatan yang ganas dengan hempasan ombak yang memecah di karang-karang, terdapat laguna kecil berwarna tosca yang cukup tenang untuk direnangi dan hamparan terumbu karang yang diselimuti hijaunya rumput laut. Untuk mencapainya kita bisa naik ojek motor selama 1 jam. Melalui perkebunan kelapa, ladang, naik turun bukit dan sungai-sungai. Pokoknya seru….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  20. Wah keren abis!!! Tolong dong info lengkapnya untuk berkunjung kesana??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  21. Bisa gak kalo dikasih alamat yang lebih jelas, supaya kalo pergi ke sana gak kesasar.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  22. Dear All,
    Tahun 2002 saya pernah tour ke Ujung Genteng. One of my favorite place i guess… Boleh dibilang tempatnya masih “perawan”… belum banyak wisatawan, belum banyak fasilitas juga kayak hotel, resto, dll. Mungkin kalau sekarang udah lebih baik. Melihat penyu bertelur di tengah malam dan pemandangan pantainya yang indah bikin pikiran segar. Dulu nginep di sebuah hotel lupa namanya, tempatnya diatas tebing tinggi yang bawahnya lautan dan nggak boleh turun ke bawah (nggak ada akses juga). Jadi cukup liat dari atas, so beautiful. Cuman belum ke air terjun Cikaso. Bagus tuh kayaknya. He3.. Pengin balik kesana satu hari nanti 🙂

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  23. Asli… Emang cakep tuch ujunggenteng!!!

    Alhamdulillah saya pernah tugas di daerah Jampangkulon bangun SMP di surade dan Ciracap, jadi puas nikmati pemandangan Ujung Genteng… Wah jadi kangen pengen kesana lagi.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  24. Tertarik banget, kalo ada kontak person atau telfon yang bisa dihubungi untuk reservasi atau informasi lebih detil.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  25. Hi,

    Cukup bermanfaat info wisata yg di berikan hanya sayang info lain seperti peta tujuan wisata, hotel/motel dsb atau yg berkaitan langsung tempat wisata tujuan.

    Regards

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  26. Bikin ngiler pantainya… Air terjunnya juga… Info perjalanan kesana doong… Jempol deh buat yang nulis ini.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  27. Itu foto nomor 1 dan 2 “ngingetin banget” waktu kami menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI) berjalan siang hari dari tempat konservasi penyu di Pangumbahan ke TPI di Ujung Genteng… Jauuuuuuuuuuuuhhh buanget…Capeeeeeek buanget… hehe… Tapi asyik banget pengalaman dari sana… Bisa lihat nelayan tradisional nangkep lobster waktu siang hari.

    Salam,
    Ruby

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  28. Waah, mau tau, harga penginapan yang murah di sana berapa ya?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  29. Kalau mau booking untuk paket ada apa aja? Ada pricelist gak??? Bisa tolong di-email gak???? Buat honeymoon ada gak???? Trims.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  30. Saya belum pernah ke sana sama sekali. Tapi dilihat dari foto-fotonya menarik juga. Bagi yang sudah pernah ke sana tolong informasikan apakah disana ada restauran yg bagus dan enak makanannya dan apakah ada hotel/cottage yang bagus? Ujung Genteng itu panas atau dingin udaranya? Kalau panas apakah ada tempat penginapan yg pakai AC?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  31. Tahun 2006 sudah pernah ke UG, seminggu setelah rombongan Kang Petrus ‘mendarat’ di UG… Cukup seru, karena perjalanannya yang jauuuh banget… Jalan jam 4 pagi dari Bogor, sampai Curug Cikaso jam 11 siang… Hehehe… Terus lihat penyu bertelur, kudu ngojek dulu… Rame-rame… seruu!!! Malam-malam pula… Sayangnya cuaca waktu itu lagi sering hujan… Tapi, tetep seruu…!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  32. Hebat! Tapi kapan diiklankan tiap hari dan setiap jam di CNN dalam INDONESIA INDEED ASIA???

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  33. Ujung Genteng memiliki obyek wisata yang sangat banyak… Walau tempatnya terpencil, namun obyek wisatanya sangat indah dan beragam.

    Berkunjung ke Ujung Genteng tidak sama dengan berkunjung ke pantai-pantai wisata lainnya. Ujung genteng masih termasuk daerah pantai yang belum tersentuh pariwisata. Jadi harap maklum bila di sana belum banyak fasilitas yang memadai.

    Salam Ujung Genteng…

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  34. Kalau mau ke sana kontak kemana yah?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  35. Gw tertarik mau ke sana. Apa ada rencana untuk backpacking ke sana? Gw daftar ya… Kasih kabar ya ke email gw.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  36. keren!! keren abiiss!! fotonya bikin ngiler..

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  37. dear all,
    kalo ada yang mau ke sini kontak via email ya….

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  38. Jadi pengen cepet-cepet liburan ke sana euy.. Fotonya keren!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  39. boleh juga tuh buat liburan, air terjunnya muantap….!!!

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *